Pembangunan Gedung Poliklinik RSUD Dungus Resmi Dimulai

Pembangunan Gedung Poliklinik RSUD Dungus telah resmi dimulai pada Rabu, 28 Agustus 2024. Ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pemecahan kendi oleh Direktur RSUD Dungus, dr. Asmaul Husnah, M.P.H.

Pembangunan gedung poliklinik ini merupakan salah satu dari 10 Proyek Strategis Provinsi Jawa Timur sesuai dengan Pergub No. 100.3.3.1/127/KPTS/013/2024 dan di bawah pengamanan Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Acara Pembukaan Pembangunan Gedung Poliklinik RSUD Dungus turut dihadiri oleh Danramil 0803/05 Wungu, Kapten Arm Ragil Nurcahyo; Danramil 0803/07 Kare, Kapten Infanteri Suyono; Kapolsek Kare, AKP Agus Tinusdwi; Perwakilan Kapolsek Wungu, Arif Winarto; Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Wungu sebagai Perwakilan Camat Wungu, Doni Hendra Palapa; dan Perwakilan Lurah Wungu, Yakobus Ery Kurniawan.

Kepada para tamu undangan, dr. Asmaul memaparkan soal rencana pengembangan ke depan dan profil RSUD Dungus.
Kata dr. Asmaul, RSUD Dungus tengah berupaya naik ke kelas B pada 2035 mendatang. Salah satu caranya adalah dengan menambah jumlah tempat tidur melalui pembangunan gedung poliklinik.

“Untuk tahun 2024 ini adalah pembangunan struktur gedung poliklinik,” jelasnya.

Menanggapi paparan dr. Asmaul, AKP Agus Tinusdwi berpesan agar RSUD Dungus tetap tertib administrasi dalam proses pembangunan ini.

Sementara Doni Hendra Palapa berpesan agar RSUD Dungus tetap mempertahankan ciri khasnya sebagai rumah sakit yang sejuk dan asri.

dr. Asmaul pun mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan untuk RSUD Dungus. Sekaligus memohon doa restu agar pembangunan di RSUD Dungus dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Read more...

Gejala dan Cara Mencegah Diare pada Anak

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dungus menggelar Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) berupa Penyuluhan Diare, di ruang tunggu Instalasi Rawat Jalan (Irja) RSUD Dungus, pada Selasa, 27 Agustus 2024.

Penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa diare yang acap kali terjadi, dapat tertangani dengan baik jika mendapat penanganan yang tepat.

Penyuluhan itu menghadirkan dokter umum, dr. Muhammad Mardanu sebagai narasumber. Dokter yang akrab disapa Danu itu menjelaskan mengenai diare kepada puluhan pasien dan keluarga pasien.

“Diare adalah kondisi di mana seseorang buang air besar dengan konsistensi lembek atau cair, bahkan dapat berupa air saja dan frekuensi lebih sering dari biasanya, tiga kali atau lebih dalam satu hari,” jelasnya.

Lanjut Danu, gejala diare adalah demam, perut sakit, tinja cair, mual dan muntah, mulut dan bibir kering, mata cekung, tampak lemas dan pucat, tubuh terasa dingin, juga buang air besar lebih dari 3 kali selama 24 jam.

Pada anak-anak, diare harus diwaspadai ketika anak sering haus, mata anak cekung, dan kulit di perut anak tidak cepat kembali setelah ditarik.

“Lakukan tips berikut ini untuk mencegah diare pada anak,” pesan Danu.

Pertama, berikan ASI eksklusif selama enam bukan dan teruskan sampai anak berusia dua tahun.
Kedua, berikan makanan pendamping ASI atau MP-ASI sesuai umur anak.
Ketiga, gunakan air bersih yang cukup dan rebus air minum sampai mendidih.
Keempat, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan setelah beraktifitas.
Kelima, lakukan buang air besar dan buang tinja anak di jamban.
Terakhir, berikan imunisasi rotavirus dan campak pada anak sesuai jadwal.

Read more...

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di RSUD Dungus Bertabur Ratusan Hadiah

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dungus telah menggelar serangkaian kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada bulan Agustus 2024 ini.

Dimulai dengan upacara bendera, penyerahan penghargaan Employee of the Month (EoM), membunyikan sirine ambulans, hingga menyaksikan siaran langsung Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Di hari yang sama, RSUD Dungus juga mengadakan berbagai lomba antar unit. Ada lomba estafet sarung, meniup bola pingpong, sumpit karet, futsal bola spons, kardus bergoyang, dan tahan tawa.

Lomba estafet sarung.

Ada juga lomba yang digelar dengan mengirimkan karya kepada panitia, yakni lomba inovasi layanan, poster pelayanan, dan dance cuci tangan.

Sementara Puncak Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI digelar seminggu kemudian, Jumat, 23 Agustus 2024. Ditandai dengan jalan sehat, pembagian doorprize, hingga pengumuman para jawara lomba.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI di RSUD Dungus mengatakan ada 205 doorprize yang disiapkan untuk peserta jalan sehat, dengan hadiah utama kulkas dan mesin cuci.

“Hadiah utama kulkas diraih oleh karyawan dari Irna sementara mesin cuci diraih oleh karyawan TU,” ujarnya, pada Senin, 26 Agustus 2024.

Untuk lomba inovasi layanan, juara 1 diraih oleh Irja, juara 2 Umpeg, juara 3 HCU, juara harapan 1 Laboratorium, juara harapan 2 Mawar.

Sementara juara 1 lomba dance cuci tangan diraih oleh Mawar, juara 2 Laboratorium, juara 3 Farmasi, juara harapan 1 Anggrek, juara harapan 2 IGD.

Lalu juara 1 lomba poster pelayanan diraih oleh Keuangan/Sungram/UKM, juara 2 Farmasi, juara 3 Fisioterapi, dan juara favorit OK.

Jawara lomba menyumpit karet adalah CS, juara 2 Satpam, juara 3 Fisioterapi. Jawara lomba meniup bola pingpong adalah Umpeg, juara 2 Gizi dan Dapur, juara 3 Farmasi.

Untuk lomba estafet sarung, juara 1 adalah Mawar, juara 2 Mahoni, juara 2 OK. Sementara juara 1 lomba futsal bola spons adalah HCU, juara 2 CS, juara 3 RM.

Jawara lomba tahan tawa adalah Mahoni, juara 2 Keuangan/Sungram/UKM, dan juara 3 adalah Mawar. Terakhir, juara 1 kardus bergoyang adalah IGD, juara 2 Radiologi, dan juara 2 Laboratorium.

“Untuk para juara lomba mendapat berbagai hadiah mulai dari uang tunai hingga suvenir,” jelasnya.

Tak lupa, ketua panitia pelaksana kegiatan mengucapkan terima kasih kepada Bank Jatim yang telah menjadi sponsor acara ini. “Terima kasih atas dukungan Bank Jatim yang telah memberikan berbagai hadiah sehingga acara ini dapat berjalan semarak dan meriah. Terima kasih juga kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” pungkasnya.

Read more...

Jatim Gerbang Nusantara Baru, Menilik Traffic dari Bandara Juanda ke IKN

Traffic dari Bandar Udara Internasional Juanda ke Kalimantan Timur (Balikpapan, Berau, dan Samarinda) mengalami pertumbuhan, dari sisi flight (penerbangan), passanger (penumpang), dan cargo (barang). 

Mengutip data dari Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, Kamis (22/8/2024), pertumbuhan dari sisi penerbangan dari Jawa Timur ke Kalimantan Timur sebesar 17,07%, yaitu di tahun 2022 sebanyak 7.933 penerbangan dan di tahun 2023 sebanyak 9.287 penerbangan. 

Pertumbuhan dari sisi penumpang dari Jawa Timur ke Kalimantan Timur sebesar 15,17%, yaitu di tahun 202 sebesar 1.195.076 penumpang dan di tahun 2023 sebesar 1.376.407 penumpang. 

Pertumbuhan dari sisi cargo (barang) dari Jawa Timur ke Kalimantan Timur sebesar 3,44%, yaitu di tahun 2022 sebanyak 5.555.531 dan di tahun 2023 sebanyak 5.746.691. 

Adapun data penerbangan pada Januari 2022 s.d. Juli 2024 dari Kaltim ke Jatim (Arrival) sebanyak 11.581 sementara dari Jatim ke Kaltim (Departure) sebanyak 11.565. 

Data penumpang dari Kaltim ke Jatim (Arrival) sebanyak 1.682.417 sementara dari Jatim ke Kaltim (Departure) sebanyak 1.749.781. Selain itu, data cargo (barang) dari Kaltim ke Jatim (Arrival) sebanyak 2.770.689 sedangkan dari Jatim ke Kaltim (Departure) sebanyak 12.100.835. 

Dalam Podcast Ruang Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur pada tanggal 6 Agustus 2024, Inspektur Angkutan Udara Ahli Muda, Otoritas Bandar Udara Wilayah III Juanda Surabaya di Sidoarjo, Hendro Prayitno menegaskan Bandara Juanda siap mengantar Jatim menjadi Gerbang Nusantara Baru. 

Pasalnya, Bandar Udara Internasional Juanda adalah salah satu bandara terbesar di Indonesia dan terus berkomitmen mempermudah aksebilitas wilayah timur Indonesia

Bandara ini melayani 27 rute domestik termasuk ke bandara cakupan Ibu Kota Nusantara (IKN). Serta berhasil meraih penghargaan terbaik se-Asia Pasifik dalam ajang Airport Service Quality Awards 2023 (ASQ Awards 2023) pada kategori "Best Airport of 15 to 25 Million Passengers in Asia-Pacific.

“Perekonomian tentu akan bergerak karena hilir mudik penumpang, cargo, dan lain-lain,” ujarnya. (idc/hjr)

Read more...

4 Pilar Visi Indonesia Emas 2045

Ada empat pilar visi Indonesia Emas 2045. Pertama, pembangunan manusia serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kedua, pembangunan ekonomi berkelanjutan. Ketiga, pemerataan pembangunan. Keempat, pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola kepemerintahan. 

Mengutip Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Rabu (21/8/2024), sasaran visi Indonesia Emas 2045 adalah pendapatan per kapita setara negara maju 30.300 dolar AS.

Kemudian tingkat kemiskinan 0,5-0,8% dan ketimpangan berkurang menjadi 0,29-0,32. Pengaruh global diharapkan meningkat menjadi 15 besar dalam Global Power Index.

Selain itu, daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) meningkat dengan Indeks SDM 0,73. Serta emisi gas rumah kaca menuju nol atau zero net emission.

Adapun tren tantangan global 2045 adalah penduduk dunia berjumlah 9,45 miliar dan proporsi lansia meningkat, teknologi menggantikan 40% pekerjaan saat ini, perubahan iklim dan persaingan memperebutkan sumber daya alam, serta peningkatan persaingan antarnegara dan kemunculan kekuatan baru.

Kementerian PPN/Bappenas RI juga menyebut teknologi berkembang semakin cepat dan membawa perubahan pada semua bidang pembangunan dan kehidupan masyarakat. Beberapa tren teknologi antara lain Artificial Intelligence, Internet of Things, Telemedicine, Cloud Technology, Nano Technology, Blockchain Technology. (idc/s)

Read more...

Expedition Of Mada dan Niken Salindry Meriahkan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-79 RI

Tari Kolosal Expedition Of Mada (Jejak Penjelajah Nusantara) memeriahkan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-79 RI di Gedung Negara Grahadi pada Sabtu, (17/8/2024) petang. 

Tari kolosal sinergi kolaborasi generasi seni dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur ini dibawakan oleh 250 penari dari beberapa sanggar tari yakni Sanggar Dimar Dance Theatre, Sanggar Tari Putra Bima Respati, Sanggar Gong Prada, Sanggar Tari Kalimas, Sanggar Citra Puspita Paramesti, dan Sanggar Brang Wetan Community, juga dari Unesa, SMKN 12 Surabaya dan STKW Surabaya, dengan Art Director - Abing Santoso, Sutradara, Dhimas Respati Palguna, Komposer, Suwandi Widianto dan Koreografer diantaranya  Agus setiawan, dan penata busana Rizky Agus Prasetya. 

Abing Santoso mengatakan, Expedition Of Mada adalah spirit yang luar biasa. Di era sekarang banyak Mada – Mada yang ingin tumbuh berkembang, maju dan sukses dengan versi kemanusiaannya dan Gajah Mada sangat menginspirasi kaum muda. Expedition Of Mada ini sangat spektakuler yang mengusung etnis nusantaranya.

Tarian ini menggambarkan ontologi dari tokoh Gajah Mada sang Mahapatih di era kejayaan Majapahit  adalah keniscayaan tentang ilmu pegetahuan serta keteguhan rasa cinta tanah air. Bahwa Patih Gajah Mada adalah tokoh sentral dalam obsesi persatuan nusantara. Titah Raja Padmi Dyah Gayatri menjadi kobaran semangat dalam menjunjung harkat martabat hidup bangsa, negara di bumi pertiwi. 

Dalam tarian ini, Abing Santoso memerankan sendiri sosok Gajah Mada yang menjadi tokoh Gajah Mada. Tarian ini juga tentang sebuah perjalanan yang tidak hanya menggambarkan upaya untuk menyatukan bangsa tetapi juga merayakan kekayaan budaya dan sejarah nusantara. 

Sementara Niken Salindry bersama Dj Fake Dopp juga ikut memeriahkan Upacara Penurunan Bendera HUT ke-79 RI dengan lagu – lagu yang sudah tidak asing lagi, diantaranya seperti Lamunan dan juga Rungkad. (yan/hjr)

Read more...

Pj Gubernur Ajak Masyarakat Jaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Penjabat (Pj) Gubernur Jatim, Adhy Karyono mengajak masyarakat mensyukuri kemerdekaan dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

"Salah satu bentuk mensyukuri atas kemerdekaan adalah dengan mencintai negara ini,"  kata Pj Gubernur, usai upacara HUT KemerdekaaN RI ke 79 di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (17/8/2024).

Menurutnya, perayaan hari kemerdekaan ini harus dinikmati oleh seluruh masyarakat. Karenanya Pemprov Jatim mengundang masyarakat umum, untuk ikut merasakan upacara di Grahadi.

"Mensyukuri nikmat kemerdekaan yang kita peroleh. maka kami juga harus menghormati, menghargai, dan memberi apresiasi kepada pejuang, pahlawan, dan keluarganya. Dan tadi kita undang disini," katanya.

"Maknanya bahwa, kita harus memelihara hasil kemerdekaan yang berat ini harus dijaga betul, dipelihara. Sampaikan semua tentang kemajuan kemajuan. Isi kemerdekaan dengan yang bermanfaat, dan berdampak ke masyarakat," imbuhnya.

Sebagai informasi,  upacara peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi berjalan khidmat. Para tamu undangan dan juga masyarakat yang menghadiri upacara. Mereka mengikuti hingga upacara secara online dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) usai.

Upacara di Grahadi, dipimpin Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono. Selain itu, juga dihadiri seluruh Forkopimda Jatim, seluruh Kepala Perangkat Daerah, serta perwakilan dari Konsulat Jenderal (Konjen) yang ada di Kota Surabaya. (hjr) 

Read more...

3 Tampilan Meriahkan Peringatan HUT Ke-79 RI di Gedung Negara Grahadi Surabaya

Peringatan Hari Ulang Tahun ke 79 Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi yang berlangsung pada Sabtu (17/8/2024) berlangsung sangat meriah dengan menghadirkan tiga penampilan yang berbeda, yakni tarian kolosal Pawitra Suci, Paduan Suara “Jawa Timur Youth Orchestra” dan penampilan drumband SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun Jawa Timur.

Tarian Pawitra Suci, menurut Sang Sutradara, Abing Santoso, berkonsep kolaborasi yang mengusung etnis Jawa Timur dari beberapa suku yang ditampilkan dengan atraktif. Di dalamnya ada unsur gamelan dan musik barat sehingga tampil kekinian.  Tarian ini dibawakan oleh 300 penari yang merupakan gabungan dari beberapa sanggar, antara lain Mulio Joyo Enterprise, Candra Menganti, Arbaya, Sakalendra dan Kuwung Wetan serta SMKN 12 Surabya dan STKW Surabaya. 

Tarian ini menggambarkan, gunung yang merupakan keagungan bumi. Gunung melahirkan kearifan manusia di abad selanjutnya dan pendakian manusia-manusia unggul merupakan puncak dari kearifannya. Sedangkan Pesona teratai ialah Simbol kelahiran dan penciptaan, serta simbol kearifan Nirwana yang begitu kuat dan kasih tulus merupakan arang-arang kehidupan untuk menciptakan generasi yang mampu menghadirkan kebaharuan.

"Jika mimpi adalah benih maka kaulah tanahnya, jika mimpi adalah bibit, maka berjuang ialah pupuknya dan, kobaran semangat adalah mataharinya, Aku sang ibu bumi, pada jantung bumi tercinta ini tanganku memahatkan garis sakti Bumi Pawitra Suci" demikian bunyi sinopsis dari skenario tari.

Tarian ini di komposeri oleh Joko Susilo M.Sn,  dengan Art Director Suwandi Widianto, M.Sn, dengan Koreografer Dea Wahyunisa S,sn , Dinda diana S,Sn,Romi Romansyah S,sn, Rizkyo Diwa.

Jawa Timur Youth Orchestra, paduan suara binaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, juga ikut andil dalam kegiatan ini dengan mempersembahkan lagu – lagu perjuangan dan merupakan  paduan suara gabungan dari siswa SMA Negeri 17 Surabaya, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya  dan Universitas Katolik Darma Cendekia dan Asrama Mahasiswa Nusantara (Gabungan Mahasiswa se – Indonesia).

Lennie Purwaningsih, Praktisi Musik sekaligus Koordinator pelatih mengatakan, untuk  kegiatan Perayaan HUT ke 79 RI ini ada dua Konduktor, yakni Otniel Simangunsong, SM, dan Onny Prihantono, S.Sn.

“Sedangkan lagu – lagu yang dibawakan antara lain Bagimu Negeri, Hari Merdeka, Dirgahayu Indonesia, Kharisma Indonesia, Lamunan, Dangdut Is The Music Of My Country, Nyanyian Negeriku,” tambahnya.

Sedangkan Drumband Gita Taruna Angkasa dari  SMAN Taruna Angkasa Madiun,  tampil luar biasa dan totalitas untuk memberikan pertunjukan drumband terbaiknya di Peringatan HUT RI ke 79 Republik Indonesia di Gedung Negara Grahadi yang juga dihadiri oleh masyarakat umum ini. (yan/s)

Read more...

Pj Gubernur Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci HUT ke-79 RI di TMP 10 Nopember Surabaya

Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) dilaksanakan khidmat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Republik Indonesia di Taman Makam Pahlawan (TMP) 10 Nopember, Surabaya, Sabtu (17/8/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, yang memimpin penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

Upacara yang dihadiri oleh jajaran TNI, Polri, siswa Pramuka, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim ini menjadi momen untuk mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy Karyono membacakan naskah AKRS, yang berisi pernyataan hormat yang sebesar-besarnya kepada para pahlawan.

"Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridhoan, keiklasan, dan kesucian. Pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi nusa dan bangsa," ucap Gubernur Adhy.

Ia juga mengajak seluruh peserta AKRS untuk berjanji melanjutkan perjuangan para pahlawan.

"Kami bersumpah dan berjanji bahwa perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami juga dan jalan kebaktian yang para pahlawan tempuh adalah jalan bagi kami juga," tegasnya.

TMP 10 Nopember Surabaya menjadi tempat peristirahatan bagi sekitar 3.859 makam pahlawan, yang terdiri dari TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil, dan pejuang. Selain itu, terdapat 53 makam pahlawan yang tidak dikenal namanya.

Adhy Karyono mengajak seluruh peserta berdoa, agar arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dan mendapat tempat terbaik.

Rangkaian peringatan HUT Ke-79 RI akan dilanjutkan dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan HUT RI ke-79 di Gedung Negara Grahadi. Selanjutnya, akan diadakan resepsi kenegaraan, ramah tamah dengan para pejuang/veteran, dan upacara penurunan bendera Merah Putih. (jal/hjr)

Read more...

Dzikir dan Doa Kebangsaan Awali Peringatan HUT ke-79 RI di Gedung Negara Grahadi

Memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan Dzikir dan Doa Kebangsaan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (15/8/2024) malam, yang dihadiri Pj. Gubernur Jatim, Adhy Karyono, beserta jajaran pejabat provinsi, tokoh agama, dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy Karyono menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat kemerdekaan yang telah diraih Indonesia. "Kemerdekaan ini diraih dengan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan kita. Kita harus mengisi kemerdekaan ini dengan memberikan sumbangsih inovasi terbaik dalam pembangunan," ujarnya.

Dalam perjalanan panjang bangsa kita, kemerdekaan yang kita raih tidaklah mudah. Berbagai perjuangan dan pengorbanan telah dilakukan oleh para pahlawan kita terdahulu. Untuk itu, kita sebagai generasi penerus bangsa berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya.

Salah satu cara mengisi kemerdekaan adalah dengan bekerja secara inovatif. Dalam era digitalisasi seperti saat ini, inovasi menjadi kunci untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan. Saya mengajak seluruh pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mengedepankan semangat inovatif dalam menjalankan tugas. "Mari kita menciptakan inovasi yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Dengan kerja inovatif, kita dapat mengatasi berbagai tantangan dan meraih keberhasilan demi kemajuan Jawa Timur," pintanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Dzikir dan Doa yang dipimpin oleh Ustadz H Ahmad Muzakki Al Hafidz, Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Dalam tausiyahnya, Ustadz Muzakki menekankan pentingnya nilai-nilai kebangsaan, persatuan, dan kesatuan dalam membangun bangsa. "Sebagai warga negara Indonesia, kita harus memiliki rasa cinta tanah air dan nasionalisme yang tinggi. Kita harus bersatu padu, saling membantu, dan bekerja sama untuk kemajuan bangsa," tuturnya.

Kegiatan Dzikir dan Doa Kebangsaan ini diharapkan dapat memperkuat rasa syukur dan kebersamaan antar sesama warga negara, sekaligus menjadi momentum untuk merefleksikan perjuangan para pahlawan dan mengisi kemerdekaan dengan karya dan inovasi yang bermanfaat. (jal/hjr)

Read more...